SMK N 3 SINGARAJA

ENDY TKJ "STEMSI

Senin, 23 Mei 2011

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab asam urat - Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang erat kaitannya dengan makanan-makanan yang kita konsumsi setiap hari. Dalam beberapa kasus penyakit asam urat, ada beberapa makanan yang menyebabkan terjadinya jenis penyakit ini seperti daging, makanan kaleng dan lain sebagainya. Nah…,, untuk itu, marilah kita waspada akan bahayanya dan tidak ada salahnya kita mengetahui penyebab asam urat itu sendiri.
Dibawah ini merupakan penyebab-penyebab asam urat secara garis besar, yang perlu kita ketahui dari sekarang.

Dehidrasi dan Fungsi Ginjal
Ketika air dan cairan lainnya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, ginjal tidak akan berfungsi dengan baik. Asam urat tidak akan dikeluarkan dari darah melalui ekskresi, dan akan menjadikan kadar asam urat dalam jumlah abnormal (lebih tinggi). Untuk mencegah dehidrasi dan menjaga ginjal bekerja sebagaimana mestinya, minum air sepanjang hari dan terutama saat berolahraga atau jika suhu yang panas meruakan salah satu jalan yang bisa kita tempuh.
Makanan yang mengandung banyak purin
Purin mengandung senyawa nitrogen, baik dilakukan di dalam sel-sel tubuh, atau dibawa ke dalam tubuh dengan makanan. Kelebihan purin dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat, yang dapat terakumulasi dalam jaringan dan bentuk kristal, sehingga menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam darah. Makanan tinggi purin, termasuk organ dan daging merah, serta makanan laut yang di moderasi (makanan kaleng), merupakan penyebab asam urat semakin tinggi dalam tubuh.
Konsumsi Alkohol
Alkohol (bir, anggur, atau hasil olahan lainnya) dapat meningkatkan kadar asam urat. Dalam rangka untuk menstabilkan asam urat dalam aliran darah, hal yang efisien adalah perlunya kesadaran untuk berhenti minum minuman beralkohol
Obat-obatan
Obat-obat tertentu, seperti yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, serta aspirin, vitamin C dan niasin, dapat memproduksi kadar asam urat tinggi. Kemoterapi untuk pengobatan kanker juga bisa menjadi penyebabnya.
Kanker
Kanker tertentu seperti limfoma non-Hodgkin, limfoma Hodgkin, leukemia dan kondisi medis lainnya, seperti anemia sel sabit dan gagal jantung dapat menyebabkan peningkatan kerusakan sel-sel tubuh dan mengakibatkan hyperuricemia (kadar asam urat yang tinggi).
Selain beberapa point penting penyebab penyakit asam urat diatas, kegemukan (obesitas) juga menjadi salah satu penyebab asam urat meningkat.

Sumber: http://duniabaca.com/penyebab-penyakit-asam-urat.html

0 komentar:

Posting Komentar

COMMENT

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Slidershow

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons