SMK N 3 SINGARAJA

ENDY TKJ "STEMSI

Senin, 09 Mei 2011

Membuat Animasi Berputar


Pada tutorial kali ini kita akan membuat animasi objek yang berputar setelah sebelumnya pada materi Flash kita buat Change Text Color With Flash. Pernah main ninja saga?Klo anda pernah main pasti tidak asing lagi dengan animasi seperti ini, soalnya waktu loading menggunakan “shuriken” yang berputar. Nah, untuk kali ini kurang lebih kita akan membuat animasi seperti itu.
To the point aja langsung ke langkahnya. Untuk dapat membuat objek tersebut berputar kita dapat menggunakan 2 (dua) cara, yaitu dengan motion rotate dan dengan menggunakan actionscript.
Motion Rotate
Buatlah sebuah flash document, dengan ukuran bebas. Kemudian buat sebuah gambar seperti gambar dibawah, atau jika bingung untuk gambar bs diganti dengan gambar lain misalnya objek bintang dengan menggunakan Polystar Tools.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Seleksi objek yang telah kita buat tadi, tekan F8. Pada panel properties yang muncul kita pilih movie clip sebagai tipe nya lalu klik Ok.
Pilih frame 25 pada frameline, kemudian klik kanan dan pilih Insert Keyframe.
Klik frame 1 kemudian tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel properties di bawah. Pada panel properties yang muncul pilih motion pada tween. Ubah  juga rotate nya, kita bisa memilih CW (Clock Wise atau searah putaran jarum jam) atau CCW (Counter Clock Wise atau berlawanan putaran jarum jam).
Untuk melihat hasilnya kita tekan Ctrl+Enter.
Dengan Menggunakan Actionscript
Langkah awal sama seperti pembuatan dengan menggunakan motion rotate. Namun hanya sama pada langkah pembuatan objeknya saja. Kita gunakan saja objek movie clip yang telah kita buat tadi dengan kita copy paste saja ke flash document yang baru.
Kemudian pilih atau seleksi movie clip tersebut, lalu tekan F9. Maka akan muncul panel script, masukkan script berikut.
onClipEvent (enterFrame) {
//jika semakin besar nilainya, semakin cepat putaran rotasinya
_rotation +=10;
}
Untuk melihat hasilnya kita tekan Ctrl+Enter.

0 komentar:

Posting Komentar

COMMENT

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Slidershow

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons