SMK N 3 SINGARAJA

ENDY TKJ "STEMSI

Senin, 16 Mei 2011

Anak-pinak Linux dan Unix

Anak-pinak Linux dan Unix ...


Pesta penuh ceria terjadi di berbagai belahan dunia untuk menyambut kedatangan Linux Ubuntu 11.04 yang namanya Natty Narwhal. Kita bisa lihat daftar penyelenggara yang tercatat di sini. Saya yakin masih banyak lagi penyelenggara pesta rilis yang tidak mendaftarkan diri ke pusat Ubuntu, misalnya yang akan terlaksana pada Sabtu 14 Mei di Depok dan Minggu 15 Mei di Semarang (klik di sini).

Ubuntu yang Open Source itu memiliki keturunan atau "anak" di Indonesia, yakni BlankOn. Dalam waktu dekat, pengembang BlankOn akan merilis versi 7 yang diberi nama Pattimura. Kalau BlankOn disebut anak Ubuntu, maka Ubuntu adalah anak Debian. Semua itu merupakan sistem operasi komputer terkenal yang berisi kernel Linux plus program-program dari pengembang GNU (GNU's Not Unix) dan pengembang lainnya. Unix merupakan cikal-bakal Linux, tapi Linux bukan anak Unix, karena Linux tidak dibuat dari kode program Unix. Sistem operasi terkenal untuk hp dan komputer tablet yang berisi kernel Linux adalah Android.

Unix punya banyak varian, antara lain IBM AIX, HP UX, Sun/Oracle Solaris, dan BSD. BSD dan software lainnya digunakan oleh Apple membuat Darwin. Darwin diturunkan kembali menjadi Mac OSX, yang kemudian punya "anak" IOS sebagai sistem operasi untuk hp iPhone dan komputer tablet iPad.

0 komentar:

Poskan Komentar

COMMENT

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Slidershow

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons