Fakta: layar led sebenarnya juga masih berupa lcd

nah loh…., bingung kan? Iya emang benar layar led memang masih menggunakan lcd juga. Bedanya layar lcd jadul menggunakan lampu backlight neon Cold-Cathode Fluorescent Lamp (CCFL) yang disusun berjajar dibelakang lcd, sedangkan yang disebut-sebut layar led adalah layar lcd dengan lampu backlight menggunakan LED (light-emitting diode) yang disusun merata dibelakang lcd atau bisa juga hanya disamping lcd. Kenapa perlu lampu backlight? tentu saja karena lcd tidak menyala, lcd hanya mengeluarkan warna berubah-ubah sesuai arus listrik yang diterimanya tapi tetap aja gelap tanpa disinari. Ga percaya? kamu punya arloji digital? layarnya adalah lcd juga, coba kamu bawa ke ruang gelap, apa kamu bisa melihatnya tanpa menekan lampunya???

Kelebihan dari backlight led:
  1. lebih hemat energi daripada CCFL (kabarnya sih sampai 40% lebih hemat daya,  belum ngetest sih… :) silahkan test sendiri aja)
  2. contrast lebih ok, warna hitam benar hitam tidak kebiruan seperti pada lcd CCFL
  3. desain lebih tipis, terutama yang berteknologi backlight led disamping lcd (tapi ingat yang led dibelakang lcd kualitas gambar lebih ok lho)
Kekurangan layar LED dibanding konvensional lcd:
  1. harga lebih mahal
  2. sorry ga ada lagi nih no 2, 3,…  yoi itu cukup satu aja itu kekurangannya